Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Selasa, 09 Oktober 2012

Kelas XII KD 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi


Materi Ajar
      Buku Biografi
Biografi berisi riwayat hidup seseorang. Orang yang biasanya memiliki buku biografi adalah seorang tokoh yang terkenal. Dalam buku biografi biasanya berisi pandangan hidup, perjuangan, keberhasilan/prestasi, serta kesulitan yang dihadapi sang tokoh.
      Contoh:
Pada tahun 1950-an Bally adalah sebuah merek sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung Hatta, Wakil presiden pertama RI, Menginginkan sepatu Bally. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha  menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handai tolan yang datang kepadanya untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya, Sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tidak pernah mencukupi. Hal yang sangat mengharukan dari cerita ini adalah guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Bung Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya saat itu, Sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta. ”Namun.disinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dari orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, Yang ternyata gagal karena ia lebih mendahulukan orang lain daripada  kepentingannya sendiri, ”Kata Adi Sasono, Ketua pelaksana peringatan satu Abad Bung Hatta.

Mencatat Hal-hal Menarik dari Kehidupan tokoh
Hal yang menarik dari tokoh adalah hal yang positif dan dapat diteladani oleh pembaca.
Contoh:
Meski merupakan ilmuwan jenius, Stephenson tidak bisa membaca dan menulis. Maklum, sejak kecil dia tidak sekolah karena orang tuanya miskin. Setelah dewasa dan sukses, dia mengambil kursus baca tulis pada malam hari.
                Stephenson lahir di Inggris, tanggal 9 Juni 1781. Dia adalah pemegang hak paten lokomotif dan rel kereta api. Saat ini rel hasil karyanya dengan lebar celah 1,435 meter tidak digunakan lagi karena telah digunakan rel modern. Rel modern memiliki celah yang lebih besar agar dapat membuat kereta berukuran besar pula. Dia meninggal di Inggris pada tanggal 12 Agustus 1848

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.