Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Senin, 08 Oktober 2012

Kelas X 2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat


Materi Pelajaran
 Memperkenalkan diri dan orang lain biasanya dilakukan dalam forum resmi, seperti diskusi ataupun seminar. Untuk memperkenalkan diri dalam forum resmi, bahasa yang digunakan adalah bahasa formal. Adapun hal yang biasa disertakan dalam memperkenalkan diri, yaitu:
a. nama lengkap,                                        e. riwayat pendidikan,
b. nama panggilan,                                     f. riwayat pekerjaan,
c. tempat, dan tanggal lahir,                       g. prestasi, dan
d. alamat,                                                    h. hobi/kesukaan
A.   Pengertian Diskusi
Diskusi berasal dari bahasa Latin diskutere, yang berarti membeberkan masalah. Dalam bahasa Inggris discussion berarti perundingan atau pembicaraan. Dalam bahasa Indonesia diskusi diartikan sebagai bentuk tukar pikiran untuk membicarakan dan mencari jalan penyelesaian suatu masalah.
B.   Jenis-jenis Diskusi
  1. Diskusi Kelompok
Diskusi kelompok adalah cara bertukar pikiran yang dilakukan melalui jalan musyawarah. Dalam kegiatan ini suatu masalah dibahas secara kelompok.
Petugas-petugas dalam diskusi kelompok.
a.    Pemimpin diskusi (moderator)
1)     Berunding dengan peserta mengenai masalah yang akan dibahas dalam diskusi.
2)     Menyiapkan rangkuman pokok masalah yang akan didikusikan.
3)     Membuka diskusi.
4)     Mengatur jalannya diskusi secara adil.
5)     Membuat rangkuman atau menyimpulkan hasil diskusi.
6)     Menutup dikusi.
Perhatikanlah contoh ucapan moderator berikut!
"Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua! Dalam acara diskusi kebersihan lingkungan sekolah kita ini, perkenankan kami dari Kelompok 4 untuk memperkenalkan diri. Saya, Suparmin, bertindak sebagai moderator dalam acara diskusi kita kali ini. Adapun yang berada di sebelah kanan saya adalah Muh. Armin. Saudari Hasdinar akan bertindak sebagai pembicara dalam diskusi ini. Adapun di sebelah kiri saya adalah Muzakkir Damir yang bertindak sebagai notulis."
b.    Penyaji
Penyaji adalah orang yang paling memahami  dan akan memberikan atau menyajikan materi secara jelas dalam diskusi.
c.    Peserta
1)     Mempersiapkan materi kecil yang bertalian dengan masalah yang didiskusiakan sebelum diskusi berlangsung.
2)     Ikut serta dalam pembicaraan dengan semangat kerjasama dan rasa persaudaraan yang tinggi.
3)     Bertanggung jawab terhadap proses dan hasil diskusi.
  1. Seminar
Seminar adalah pertemuan berkala yang diadakan oleh seseorang dalam rangka penyelesaian suatu tugas. Tujuannya, untuk menemukan cara atau jalan keluar atau masalah yang kemungkinan muncul selama penyelesaian tugas-tugsanya itu.
  1. Diskusi Panel
Diskusi panel adalah diskusi yang diikuti oleh seorang moderator, dua sampai empat orang pembicara, dan diikuti oleh banyak peserta.
Ciri lain diskusi panel, bahwa yang dominan dalam mengemukakan pendapat adalah para panelis. Gagasan atau pendapat seorang panelis biasanya sudah dipersiapkan dalam bentuk makalah.



Selain diskusi panel, dikenal pula istilah simposium dan konferensi.
a.    Simposium
Simposium termasuk ke dalam diskusi umum. Simposium diikuti oleh seorang moderator, beberapa orang pembicara, dan banyak peserta, serta kadang-kadang juga peninjau.
b.    Konferensi
Konferensi biasanya diselenggarakan oleh suatu lembaga atau organisai. Dalam konferensi dibicarakan mengenai masalah-masalah aktual. Adakalanya konferensi digunakan untuk membicarakan kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan sebelumnya sebagai proses evaluasi.
C.   Pelaksanaan Diskusi.
1.    Membahas Tawaran, Saran, dan Usulan dalam Diskusi.
Setiap peserta diskusi pasti akan memberikan tawaran, saran, serta usulan dalam diskusi. Pemikiran-pemikiran yang muncul dalam forum diskusi, akan dibahas dan ditanggapi untuk dipertimbagkan baik buruknya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan komentar adalah…
a.    Kesantunan bahasa yang ditandai dengan pemilihan kata yang tidak menimbulkan potensi konflik dan ketersinggungan bagi orang lain.
b.    Kejelasan dan keadilan dalam berargumen merupakan hal yang lain yang perlu kita perhatikan. Kalau kita setuju, perlu kita jelaskan alasan-alasan kesetujuan kita; demikian pula ketika tidak setuju, maka kita nyatakan ketidaksetujuan itu dengan jelas.
2.    Menyanggah dan Menolak Pendapat Secara Logis.
Hal yang wajar jika dalam diskusi ada silang pendapat. Peserta yang satu memberikan usulan dan peserta yang lain menaggapinya. Timbulnya perdebatan semacam ini bahkan diperlukan dalam memperoleh rumusan keputusan yang lebih baik dan disepakati semua pihak.
Menyanggah haruslah didasari dengan argumen yang kuat dan meyakinkan.
Contoh pernyataan sanggahan:
a.    Sebelum saya menyanggah, perkenalkan nama saya…, dari kelompok…adapun tanggapan saya, saya tidak sependapat dengan Saudara Nining dalam hal….karena berdasarkan pengamatan saya selama ini……
b.    Perkenalkan nama saya….. dari kelompok…Usulan Sudara Ela tidak bisa saya terima sebab berdasarkan perhitungan, hal tersebut tidak…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.