Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Materi
: Teks Anekdot
Satuan Pendidikan :
SMAN 9 Gowa Alokasi Waktu : 3 kali pertemuan
Kelas/Semester :
X/Ganjil
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.5
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. |
|
4.5
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot. |
|
Pertemuan 1
1. Pendidik
menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran
2.
Pendidik melalui aplikasi google classroom, meminta
peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form.
3.
Pendidik membagikan video anekdot untuk
ditonton oleh peserta didik.
4.
Pendidik meminta peserta didik menanggapi
video anekdot
5.
Pendidik menyampaikan materi ciri dan
struktur anekdot dalam bentuk salindia ppt secara singkat.
6.
Pendidik dan peserta didik melakukan tanya
jawab
7.
Pendidik meminta peserta didik membuka google classroom-nya masing-masing dan masuk kelas
untuk mengerjakan tugas ringan yang telah disiapkan oleh Pendidik.
8.
Pendidik menyelesaikan pertemuan daring
(tatap muka) dengan ucapan terima kasih dan menitipkan nasihat pada peserta
didik di rumah.
1. Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dengan bergabung pada grup WA dan google classroom.
2.
Pendidik mengecek kehadiran peserta didik yang
aktif dalam grup daring.
3.
Pendidik menyampaikan materi /bahan ajar kepada
peserta didik melalui grup WA/link youtube, atau blog yang telah dirancang oleh
pendidik. Materi yakni aspek kebahasaan teks anekdot dan menceritakan kembali
isi teks anekdot yang telah dibaca.
4.
Pendidik memberikan waktu kepada peserta didik
untuk mempelajari materi/bahan ajar yang telah dibagikan oleh pendidik sesuai
waktu yang telah disepakati bersama.
5.
Pendidik dan peserta didik melakukan diskusi
(baik dalam bentuk kiriman pertanyaan di grup WA, GC, atau komentar di youtube.
6.
Pendidik memberikan penugasan kepada peserta
didik (dikondisikan)
7.
Peserta didik mengerjakan tugas yang telah
diberikan.
8.
Peserta didik mengumpulkan tugas dengan
mengirimkan pesan via WA, GC kepada pendidik pada waktu yang telah disepakati.
9.
Pendidik membuka akses kepada setiap peserta
didik untuk mengirimkan hasil kerja pada WA pribadi atau GC dan berdiskusi
untuk menemukan jawabanya (disksusi dilakukan di grup WA).
10.
Pendidik memantau aktivitas peserta didik di grup
WA dan GC dengan memberikan motivasi kepada peserta didik.
11.
Pendidik melakukan penilaian keaktifan peserta
didik didalam proses pembelajaran.
12.
Pendidik menutup proses pembelajaran dengan doa
agar ilmu yang diperoleh bermanfaat lebih khusus doa bersama untuk keselamatan
umat manusia dari Covid-19.
1.
Pendidik menyapa peserta didik melalui grup Whats app.
2.
Pendidik memastikan kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link
Zoho untuk pengisian daftar hadir.
3.
Pendidik dan peserta didik berdiskusi materi yang telah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya.
4.
Pendidik menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan terakhir
untuk teks anekdot.
5.
Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk membaca materi yang
telah dikirimkan.
6.
Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab.
7.
Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk menulis teks anekdot
sendiri.
8.
Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk mengumpulkan teks
anekdot melalui google classroom.
9.
Pendidik menyampaikan rencana pelaksanaan penilaian teks anekdot.
10. Pembelajaran diakhiri
dengan berdoa bersama dan saling menyemangati untuk tetap tinggal di rumah dan
tetap bersemangat dalam belajar.
Pengetahuan |
Keterampilan |
Sikap |
Tes tertulis tentang ciri, syarat, dan analisis teks anekdot. |
Menulis
teks anekdot sesuai dengan lingkungan sekitar. |
1.
Bekerjasama dalam diskusi 2.
Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam pembelajaran di grup WA
dan google classroom. b.
Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas. |
Mengetahui
Kepala UPT, Pendidik,
NIP 1961032319860322006 NIP 198411102009011012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar