Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Sabtu, 11 Juli 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring | Teks Laporan Hasil Observasi | Kelas X, Sem. Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING


Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia                      Materi                  : Teks LHO

Satuan Pendidikan            : SMAN 9 Gowa                            Alokasi Waktu   : 2 kali pertemuan

Kelas/Semester                   : X/Ganjil


Tujuan
Pembelajaran



Melalui pembelajaran teks observasi peserta didik dapat:

Pertemuan 1

1.     Mengidentifikasi isi teks laporan hasil observasi.

2.     Menyusun ringkasan isi pokok teks laporan hasil observasi.

3.     Menyimpulkan fungsi laporan hasil observasi.

Pertemuan 2

4.     Menganalisis struktur teks laporan hasil observasi.

5.     Melengkapi isi teks laporan hasil observasi.

6.     Membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi.

Kegiatan Pembelajaran

 

 


Pertemuan 1

Pertemuan 2

1.       Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dengan bergabung pada grup WA dan google classroom.

2.       Pendidik mengecek kehadiran peserta didik yang aktif dalam  grup daring.

3.       Pendidik menyampaikan materi /bahan ajar kepada peserta didik melalui grup WA/link youtube, atau blog yang telah dirancang oleh pendidik.

4.       Pendidik memberikan waktu kepada peserta didik untuk mempelajari materi/bahan ajar yang telah dibagikan oleh pendidik sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

5.       Pendidik dan peserta didik melakukan diskusi (baik dalam bentuk kiriman pertanyaan di grup WA, GC, atau komentar di youtube.

6.       Pendidik memberikan penugasan kepada peserta didik (dikondisikan)

7.       Peserta didik mengerjakan tugas yang telah diberikan.

8.       Peserta didik mengumpulkan tugas dengan mengirimkan pesan via WA, GC kepada pendidik pada waktu yang telah disepakati.

9.       Pendidik membuka akses kepada setiap peserta didik untuk mengirimkan hasil kerja pada WA pribadi atau GC dan berdiskusi untuk menemukan jawabanya (disksusi dilakukan di grup WA).

10.    Pendidik memantau aktivitas peserta didik di grup WA dan GC dengan memberikan motivasi kepada peserta didik.

11.    Pendidik melakukan penilaian keaktifan peserta didik didalam proses pembelajaran.

12.    Pendidik menutup proses pembelajaran dengan doa agar ilmu yang diperoleh bermanfaat lebih khusus doa bersama untuk keselamatan umat manusia dari Covid-19.

 

1.       Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dengan bergabung pada grup WA dan google classroom.

2.       Pendidik mengecek kehadiran peserta didik yang aktif dalam  grup daring.

3.       Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi mengenai proses pembelajaran pertemuan sebelumnya.

4.       Pendidik menyampaikan materi /bahan ajar yang akan dipelajari kepada peserta didik melalui grup WA/link youtube, atau blog yang telah dirancang oleh pendidik.

5.       Pendidik memberikan waktu kepada peserta didik untuk mempelajari materi/bahan ajar yang telah dibagikan oleh pendidik sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

6.       Pendidik dan peserta didik melakukan diskusi (baik dalam bentuk kiriman pertanyaan di grup WA, GC, atau komentar di youtube.

7.       Pendidik memberikan kuis kepada peserta didik

8.       Secara bergantian peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan.

9.       Pendidik memastikan seluruh peserta didik memberikan jawaban kuis melalui grup WA, GC.

10.    Pendidik memantau aktivitas peserta didik di grup WA dan GC dengan memberikan motivasi kepada peserta didik.

11.    Pendidik melakukan penilaian keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

12.    Pendidik menutup proses pembelajaran dengan doa agar ilmu yang diperoleh bermanfaat lebih khusus doa bersama untuk keselamatan umat manusia dari Covid-19.

13.    Pendidik menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

  Penilaian 

Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

1.  Mengidentifikasi isi teks laporan hasil observasi.

2.   Menyusun ringkasan isi pokok teks laporan hasil observasi.

3.   Menyimpulkan fungsi laporan hasil observasi.

4.  Menganalisis struktur teks laporan hasil observasi.

5.   Melengkapi isi teks laporan hasil observasi.

6. Membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi.

 

 

 

  

 Menjawab kuis mengenai teks LHO

1.       Bekerjasama dalam diskusi

2.       Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menuliskan jawaban melalui grup WA atau GC.

3.       Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.

 

                                                                                                                            Gowa, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala UPT,                                                                                                      Pendidik,

 

 

 Dra. Fatmawati, M.Si.                                                                                    Suparmin, S.Pd.

NIP 1961032319860322006                                                                             NIP 198411102009011012

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia                            Materi                : Teks LHO

Satuan Pendidikan             : SMAN 9 Gowa                                 Alokasi Waktu  : 2 kali pertemuan

Kelas/Semester                   : X/Ganjil

 

Tujuan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

    1.    Membandingkan dua teks laporan hasil obervasi berdasarkan isi dan struktur.

2.Menganalisis kelengkapan struktur teks laporan hasil observasi.

3.  Menganalisis aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi.

4.     Melengkapi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur teks.

5. Menuliskan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi

6.      Menyusun teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Pertemuan 1

1.     Pendidik mengucapkan salam melalui grup WA atau GC.

2.     Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran yang ada.

3.     Pendidik menjelaskan materi membandingkan dua teks laporan hasil observasi  melalui video yang dikirimkan ke WA grup peserta didik.

4.     Pendidik menjelaskan kelengkapan struktur teks LHO melalui link blog pribadi yang dikirimkan ke grup WA

5.     Pendidik dan peserta didik mendiskuikan aspek kebahasaan teks LHO.

6.     Peserta didik menonton atau membaca materi pembelajaran

7.     Peserta didik mengerjakan tugas-tugas yang diberikan Pendidik sesuai dengan yang tertera pada buku teks.

8.     Peserta didik menyusun rangkuman materi sesuai materi yang dipelajari dan menyusun laporan bukti pengerjaan yang di ditandatangani oleh orang tua.

9.     Pendidik menerima hasil penugasan peserta didik melalui foto yang dikirim dengan data dokumentasi (foto kegiatan belajar dirumah didampingi orang tua).

 Pertemuan 2

1.     Pendidik mengucapkan salam melalui grup WA atau GC.

2.     Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.

3.     Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran yang ada.

4.     Pendidik membagikan pranala materi sesuai dengan tujuan pembelajaran 4, 5, dan 6.

5.     Peserta didik membaca materi pembelajaran sesuai dengan pranala yang dibagikan pendidik melalui WA atau GC.

6.     Pendidik memberikan teka-teki mengenai materi kepada peserta didik

7.     Peserta didik mengerjakan teka-teki sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

8.     Pendidik menerima hasil penugasan peserta didik melalui foto yang dikirim dengan data dokumentasi (foto kegiatan belajar di rumah didampingi orang tua).

 

 

a.       Pengetahuan

1.       Menganalisis kelengkapan struktur teks LHO.

2.       Menganalisis aspek kebahasaan teks LHO.

b.       Keterampilan

1.       Menyusun teks LHO

2.       Menyusun teka-teki.

c.     Sikap

1.       Mengikuti pembelajaran dengan baik.

2.       Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam berkomentar melalui WA atau GC.

3.       Bertanggung jawab dalam mengerjakan penugasan.

 

                                                                                                                         Gowa, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala UPT,                                                                                                   Pendidik,

 

Dra. Fatmawati, M.Si.                                                                                 Suparmin, S.Pd.

NIP 1961032319860322006                                                                         NIP 198411102009011012


Silakan baca juga

1. RPP kelas XII Teks Surat Lamaran Pekerjaan http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring.html

2. Materi PPT Surat Lamaran Pekerjaan XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/materi-surat-lamaran-pekerjaan-bahasa.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.