Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Sabtu, 11 Juli 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring | Surat Lamaran Pekerjaan, Kelas XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) DARING

 

 

Nama Sekolah             : SMA Negeri 9 Gowa

Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                  : XII/1

Materi Pokok                     : Surat Lamaran Pekerjaan

Alokasi Waktu                   : 3 x pertemuan

 

Materi dalam bentuk PPT dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=MeDmk7t5u0I

A.    Tujuan Pembelajaran

        Pertemuan 1

Peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan

Pertemuan 2

Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan

Pertemuan 3

Peserta didik dapat menyimpulkan dan menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan

 B.      Metode Pembelajaran

         Metode              : Daring

         Aplikasi             : Youtube, googleform, googleclassroom, dan whatsapp

 

C.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan dan Deskripsi

Pertemuan 1

1.     Guru menyampaikan salam, menyapa peserta didik, dan menyampaikan orientasi pembelajaran

2.    Guru melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form.

3.   Guru dan peserta didik berdiskusi jenis-jenis kegiatan yang membutuhkan lamaran pekerjaan. Secara bergantian, peserta didik memberikan komentar melalui grup WA.

4.      Guru meminta peserta didik mencermati dan melakukan tanya jawab

5.     Guru menyampaikan materi tentang sistematika surat lamaran pekerjaan dalam bentuk salindia ppt secara singkat. Sistematika ditampilkan secara acak.

6.   Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab. Peserta didik diminta menyusun sistematika yang ditampilkan secara acak tersebut.

7.      Guru memberikan penguatan tentang sistematika yang tepat.

8.      Pendidik dan peserta didik kembali berdiskusi setiap sistematika yang telah dipahami.

9.   Sebelum menutup pembelajaran guru memberikan penguatan dan memotivasi peserta didik untuk tetap semangat belajar.

Pertemuan 2

1.     Guru menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran

2.    Guru melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form.

3.    Guru menyampaikan materi kaidah kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan dalam bentuk salindia ppt.

4.     Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab dan diskusi mengenai aspek/kaidah kebahasaan surat lemaran pekerjaan.

5.   Guru memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik. Pendidik mengirim beberap teks yang salah dan meminta peserta didik memperbaikinya. Teks yang dikirim merupakan aspek kebahasaan surat lamaran pekerjaan.

6.     Sebelum menutup pembelajaran guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama

 Pertemuan 3

1.      Guru menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran

2.      Guru melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form

3.     Guru memperlihatkan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dan cara menyusun surat lamaran pekerjaan dalam bentuk salindia ppt  atau pranala blog pendidik.

4.     Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab tentang tata cara penulisan surat lamaran pekerjaan.

5.     Guru menugasi peserta didik untuk menulis contoh surat lamaran pekerjaan. Bisa dilakukan dengan beberapa struktur terlebih dahulu.

6.     Pendidik menugasi peserta didik untuk menyelesaikan surat lamarannya dan mengunggah pada aplikasi pembelajaran google classroom.

7.     Pendidik menyelesaikan pertemuan daring dengan ucapan terima kasih dan menitipkan nasihat pada peserta didik di rumah.

 

D.      Penilaian

1.               1Pengetahuan (google classroom)

a.          Teknik penilaian: tes tertulis tentang ciri, kebahasaan, dan analisis surat lamaran pekerjaan

2.      Kompetensi keterampilan          :            

a.       Teknik penilaian: menulis surat lamaran pekerjaan sesuai dengan kaidah kebahasaannya.

3.      Sikap

a.       Kedisiplinan (presensi kelas setiap pertemuan)

b.      Keaktifan dalam tanya jawab

c.       Kejujuran (tugas tidak plagiat)

d.      Tanggung jawab (penyelesaian tugas)

                                                                                                 Gowa, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala UPT,                                                                                         Pendidik,

 

Dra. Fatmawati, M.Si.                                                                        Suparmin, S.Pd.

NIP 1961032319860322006                                                                 NIP 198411102009011012

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.