RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) DARING
Nama Sekolah : SMA Negeri 9 Gowa
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
XII/1
Materi Pokok : Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi Waktu : 3 x pertemuan
Materi dalam bentuk PPT dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=MeDmk7t5u0I
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan
Pertemuan 2
Peserta
didik dapat
mengidentifikasi
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Pertemuan 3
Peserta didik dapat menyimpulkan dan menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
Metode : Daring
Aplikasi : Youtube, googleform,
googleclassroom, dan whatsapp
C.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan dan Deskripsi |
Pertemuan 1 1. Guru menyampaikan salam, menyapa peserta
didik, dan menyampaikan orientasi pembelajaran 2. Guru melalui
aplikasi grup
WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan
dalam bentuk google form. 3. Guru dan peserta
didik berdiskusi jenis-jenis kegiatan yang membutuhkan lamaran pekerjaan. Secara
bergantian, peserta didik memberikan komentar melalui grup WA. 4. Guru meminta peserta
didik mencermati dan melakukan tanya jawab 5. Guru menyampaikan
materi tentang sistematika surat lamaran pekerjaan dalam bentuk salindia ppt
secara singkat. Sistematika ditampilkan secara acak. 6. Guru dan peserta
didik melakukan tanya jawab. Peserta didik diminta menyusun sistematika yang
ditampilkan secara acak tersebut. 7. Guru memberikan
penguatan tentang sistematika yang tepat. 8. Pendidik dan peserta
didik kembali berdiskusi setiap sistematika yang telah dipahami. 9. Sebelum menutup pembelajaran guru memberikan penguatan dan memotivasi peserta
didik untuk tetap semangat belajar. Pertemuan 2 1. Guru menyampaikan salam, tujuan dan
orientasi pembelajaran 2. Guru melalui
aplikasi grup
WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan
dalam bentuk google form. 3. Guru menyampaikan
materi kaidah kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan dalam bentuk salindia
ppt. 4. Guru dan peserta
didik melakukan tanya jawab dan diskusi mengenai aspek/kaidah kebahasaan
surat lemaran pekerjaan. 5. Guru memberikan
pertanyaan singkat kepada peserta didik. Pendidik mengirim beberap teks yang
salah dan meminta peserta didik memperbaikinya. Teks yang dikirim merupakan
aspek kebahasaan surat lamaran pekerjaan. 6. Sebelum menutup
pembelajaran guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama 1. Guru menyampaikan salam, tujuan dan
orientasi pembelajaran 2. Guru melalui aplikasi grup WA, meminta peserta
didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form 3. Guru memperlihatkan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dan cara
menyusun surat lamaran pekerjaan dalam bentuk salindia ppt atau pranala blog pendidik. 4. Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab tentang tata cara
penulisan surat lamaran pekerjaan. 5. Guru menugasi peserta didik untuk menulis contoh surat lamaran
pekerjaan. Bisa dilakukan dengan beberapa struktur terlebih dahulu. 6. Pendidik menugasi peserta didik untuk menyelesaikan surat lamarannya
dan mengunggah pada aplikasi pembelajaran google
classroom. 7. Pendidik menyelesaikan pertemuan daring dengan ucapan terima kasih dan
menitipkan nasihat pada peserta didik di rumah. |
D. Penilaian
1. 1. Pengetahuan (google
classroom)
a.
Teknik
penilaian: tes tertulis tentang ciri, kebahasaan, dan analisis surat lamaran pekerjaan
2.
Kompetensi keterampilan :
a.
Teknik
penilaian: menulis surat lamaran
pekerjaan sesuai dengan kaidah kebahasaannya.
3.
Sikap
a.
Kedisiplinan (presensi kelas setiap pertemuan)
b.
Keaktifan dalam tanya jawab
c.
Kejujuran (tugas tidak
plagiat)
d.
Tanggung jawab (penyelesaian tugas)
Mengetahui
Kepala UPT, Pendidik,
Dra. Fatmawati, M.Si. Suparmin, S.Pd.
NIP
1961032319860322006 NIP
198411102009011012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar