RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
4.12 Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
1. Merumuskan esensi debat.
2.
Mengidentifikasi
unsur-unsur debat.
3.
Merumuskan tata cara
debat
|
No
|
Tujuan Pembelajaran
|
||
1.
2.
3.
|
Peserta didik
mampu merumuskan esensi debat
Peserta didik
mampu mengidentifikasi unsur-unsur debat.
Peserta didik
mampu merumuskan tata cara debat.
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Pendahuluan
|
a.
Orientasi:
Melakukan pembelajaran dengan menyiapkan peserta didik, berdoa bersama,
mengecek kehadiran, dan menyiapkan fisik dan psikis peserta untuk untuk
mengikuti pembelajaran.
b.
Apersepsi:
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan
bertanya, mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
c.
Motivasi:
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi teks debat dalam
kehidupan sehari-hari.
d.
Pemberian
acuan: Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan yang
sedang berlangsung, memberitahukan tentang indikator dan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang sedang berlangsung, pembagian kelompok belajar,
menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Inti
|
a.
Literasi:
Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi teks debat melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi,
mengomunikasikan). Dalam hal ini, pendidik menayangkan video debat melalui
layar LCD atau membagikan link video debat kepada peserta didik untuk
ditonton di gawai masing-masing.
b.
Berpikir
Kritis: Pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi aneka pernyataan yang berkaitan dengan debat pada vidio yang
ditonton atau teks debat buku yang dibaca dan dijawab secara diskusi dalam
kegiatan pembelajaran. (contoh pertanyaan terdapat pada buku teks)
c.
Kerja
Sama: Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan
mempresentasikan ulang hasil diskusi mengenai unsur-unsur dalam debat.
Unsur-unsur tersebut mereka temukan setelah membaca teks debat pada buku
teks.
Peserta
didik kembali mendiskusikan dan menganalisis teks debat untuk menemukan tata
cara dalam melakukan debat. Tata cara tersebut mereka analisis pada teks
debat (boleh dalam bentuk video)
d.
Komunikasi:
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi
tentang kegaiatan pembelajaran, mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang
teks debat yang telah dipelajari dan ditanggapi oleh kelompok yang lain,
bertanya atas presentasi tentang teks debat yang telah dipelajari, dan
peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
e.
Kreativitas:
Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan
beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan teks debat yang
selesai dipelajari.
|
||
Penutup
|
Pendidik dan Peserta didik berdiskusi menyusun ringkasan tentang
hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran teks debat yang baru
dilakukan, mengagendakan materi atau tugas yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Pendidik memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi
paraf, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja
sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.
|
||
Penilaian
|
|||
Penilaian Sikap
|
Pendidik mengamati sikap
setiap peserta didik selama proses pembelajaran
|
||
Penilaian Pengetahuan
|
Pendidik memeriksa hasil
analisis terhadap esensi, unsur-unsur, dan tata cara debat yang telah disusun
oleh peserta didik dengan mengecek kesesuaian jawaban kelompok mereka.
|
||
Penilaian Keterampilan
|
Pendidik menilai kemampuan
presentasi, menyampaikan saran, dan merevisi hasil analisis teks debat yang
telah disusun.
|
||
Pallangga, 5 Januari 2020
Mengetahui
Kepala UPT SMAN 9
Gowa, Guru
Mata Pelajaran,
Dra.
Fatmawati, M. Si. Suparmin,
S. Pd.
NIP 196103231986032006 NIP
198411102009011012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
4.12 Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
1.
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang.
2.
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
3.
Menyimpulkan hasil debat.
|
No
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
1.
2.
3.
|
Peserta didik mampu merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan
yang sedang berkembang.
Peserta didik mampu menganalisis pendapat tim
afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
Peserta didik mampu menyimpulkan hasil debat.
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Pendahuluan
|
1.
Orientasi:
Melakukan pembelajaran dengan menyiapkan peserta didik, berdoa bersama,
mengecek kehadiran, dan menyiapkan fisik dan psikis peserta untuk untuk
mengikuti pembelajaran.
2.
Apersepsi:
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan
bertanya, mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
3.
Motivasi:
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi teks debat dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Pemberian
acuan: Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan yang
sedang berlangsung, memberitahukan tentang indikator dan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang sedang berlangsung, menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
Inti
|
a.
Literasi:
Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi teks debat melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi,
mengomunikasikan). Dalam hal ini, pendidik menugasi peserta didik untuk
membaca contoh penggalan debat yang terdapat pada buku teks.
b.
Berpikir
Kritis: Pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi penggalan debat dan menentukan mosi yang terdapat pada
penggalan tersebut.
c.
Kerja
Sama: Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan
mempresentasikan ulang hasil diskusi mengenai mosi dalam penggalan debat,
menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi dan tim netral dalam debat,
dan menyimpulkan hasil debat. Bagian-bagian tersebut mereka temukan setelah
membaca teks debat pada buku teks.
Peserta
didik kembali mendiskusikan dan menyusun mosi yang disertai pendapat (boleh
sebagai afirmasi, oposisi, atau netral)
Peserta
didik kembali berdiskusi lalu menyusun atau melengkapi bagian yang rumpang
teks debat yang terdapat pada buku teks dan mengisinya dengan simpulan yang
tepat.
d.
Komunikasi:
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi
tentang kegiatan pembelajaran, mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang teks debat
yang telah dipelajari dan ditanggapi oleh kelompok yang lain, bertanya atas
presentasi tentang teks debat yang telah dipelajari, dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
e.
Kreativitas:
Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan
beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan teks debat yang
selesai dipelajari.
|
|
Penutup
|
Pendidik dan Peserta didik berdiskusi menyusun ringkasan tentang
hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran teks debat yang baru
dilakukan, mengagendakan materi atau tugas yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Pendidik memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi
paraf, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja
sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.
|
|
Penilaian
|
|
Penilaian Sikap
|
Pendidik mengamati sikap
setiap peserta didik selama proses pembelajaran
|
Penilaian Pengetahuan
|
Pendidik memeriksa hasil
analisis terhadap mosi, pendapat, dan simpulan yang disusun oleh peserta
didik dengan mengecek kesesuaian jawaban kelompok mereka.
|
Penilaian Keterampilan
|
Pendidik menilai kemampuan
presentasi, menyampaikan saran, dan merevisi hasil analisis mosi, pendapat
dan simpulan teks debat yang telah disusun.
|
Pallangga, 5 Januari 2020
Mengetahui
Kepala UPT SMAN 9
Gowa, Guru
Mata Pelajaran,
Dra.
Fatmawati, M. Si. Suparmin,
S. Pd.
NIP 196103231986032006 NIP
198411102009011012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
4.13 Mengembangkan
permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat.
|
1.
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
2.
Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
|
No
|
Tujuan Pembelajaran
|
||
1.
2.
|
Peserta didik
mampu menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral
dalam debat.
Peserta didik
mampu mengidentifikasi ragam bahasa debat.
|
||
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Pendahuluan
|
1.
Orientasi:
Melakukan pembelajaran dengan menyiapkan peserta didik, berdoa bersama,
mengecek kehadiran, dan menyiapkan fisik dan psikis peserta untuk untuk
mengikuti pembelajaran.
2.
Apersepsi:
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan
bertanya, mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
3.
Motivasi:
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi teks debat dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Pemberian
acuan: Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan yang
sedang berlangsung, memberitahukan tentang indikator dan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang sedang berlangsung, pembagian kelompok belajar,
menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Inti
|
1.
Literasi:
Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada
materi teks debat melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi,
mengomunikasikan). Dalam hal ini, pendidik menginstruksikan kepada peserta
didik untuk membaca teks debat yang terdapat pada buku.
2.
Berpikir
Kritis: Pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan pendapat pihak
afirmasi, oposisi, dan tim netral. Peserta didik juga mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan pendapat.
3.
Kerja
Sama: Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan
mempresentasikan ulang hasil diskusi mengenai isi pendapat ketiga tim serta
kekuatan dan kelemahan masing-masing.
Peserta
didik kembali mendiskusikan dan menganalisis ragam bahasa debat
Alternatif:
Peserta didik yang terbagi dalam beberapa kelompok melakukan debat. Topik
disepakati bersama. Ada yang berperan sebagai tim afirmasi, tim oposisi, dan
tim netral.
4.
Komunikasi:
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi
tentang kegaiatan pembelajaran, mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang
teks debat yang telah dipelajari dan ditanggapi oleh kelompok yang lain,
bertanya atas presentasi tentang teks debat yang telah dipelajari, dan
peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
5.
Kreativitas:
Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan
beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan teks debat yang
selesai dipelajari.
|
||
Penutup
|
Pendidik dan Peserta didik berdiskusi menyusun ringkasan tentang
hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran teks debat yang baru
dilakukan, mengagendakan materi atau tugas yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.
Pendidik memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi
paraf, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja
sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.
|
||
Penilaian
|
|||
Penilaian Sikap
|
Pendidik mengamati sikap
setiap peserta didik selama proses pembelajaran
|
||
Penilaian Pengetahuan
|
Pendidik memeriksa hasil
analisis terhadap isi debat (pendapat tim afirmasi, oposisi, dan netral),
serta jawaban terhadap analisis ragam bahas debat yang telah disusun oleh
peserta didik dengan mengecek kesesuaian jawaban kelompok mereka.
|
||
Penilaian Keterampilan
|
Pendidik menilai kemampuan
presentasi, menyampaikan saran, dan merevisi hasil analisis teks debat yang
telah disusun.
|
||
Pallangga, 5 Januari 2020
Mengetahui
Kepala UPT SMAN 9
Gowa, Guru
Mata Pelajaran,
Dra.
Fatmawati, M. Si. Suparmin,
S. Pd.
NIP 196103231986032006 NIP
198411102009011012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar