RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Nama Sekolah : SMA Negeri 9 Gowa
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
XII/1
Materi Pokok : Menikmati Teks Novel
Alokasi Waktu : 3 x pertemuan
Video materi dapat dicari di https://www.youtube.com/channel/UCpu58hp7G7pxybx3_hC1JrQ?view_as=subscriber
A.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Peserta didik dapat menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel
yang dibaca.
Pertemuan 2
Peserta
didik dapat
menganalisis isi dan kebahasaan novel.
Pertemuan 3:
Peserta
didik dapat menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis dan merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan
baik secara lisan maupun tertulis.
B. Metode Pembelajaran
Metode : Daring
Aplikasi : Youtube,
googleform, googleclassroom, blog, dan whatsapp
C.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan dan Deskripsi |
Pertemuan 1 1. Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan
orientasi pembelajaran 2. Pendidik meminta salah seorng peserta didik untuk memandu pembacaan
doa. 3. Pendidik melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam
bentuk googleform 4. Pendidik memberikan motivasi sebelum memaulai materi pembelajaran.
Pendidik memperlihatkan beberapa padangan pengarang terhadap kehidupan dari
satu novel 5. Pendidik meminta peserta didik mencermati dan melakukan tanya jawab
tentang pandangan pengarang dalam novel yang ditampilkan 6. Pendidik menyampaikan materi tentang kreativitas pengarang dalam novel
dalam bentuk salindia ppt secara singkat atau membagikan pranala blog kepada
peserta didik. 7. Pendidik kembali membaca materi. 8. Sebelum menutup pembelajaran pendidik meminta peserta didik menjawab
beberapa pertanyaan sederhana mengenai materi yang telah dibaca. 9. Pendidik
mengakhiri pembelajaran dengan terlebih dahulu memotivasi, dan mengingatkan
peserta didik agar tetap berada di rumah selama masa pandemi. Pertemuan 2 Melalui
media WA grup kelas, 1. Pendidik menyapa peserta didik dengan ucapan salam 2. Pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum
mengawali kegiatan pembelajaran 3. Peserta didik merespons pertanyaan dari Pendidik berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya 4. Peserta
didik menyimak informasi dari Pendidik tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 5. Peserta
didik merespons secara aktif informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari
termasuk metode dan media, langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran 6. Pendidik
membagikan tugas membaca Trilogi Novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad
Tohari 7. Peserta
didik membaca Penciptaan Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk yang terdapat Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII , Pusat Kurikulum dan
Perbukuan Balitbang, Kemendikbud / 2018, halaman 115 s.d. 116 8. Peserta
didik mengidentifikasi isi dan kebahasaan artikel Penciptaan
Trilogi Ronggeng Duku Paruk 9. Peserta
didik merumuskan data yang diperoleh berdasarkan hasil identifikasi dari
artikel Penciptaan Trilogi Ronggeng Duku Paruk Paruk 10. Pendidik memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang
berhubungan dengan isi artikel Penciptaan Trilogi Ronggeng Duku Paruk untuk
didiskusikan secara umum (Peristiwa apa saja dalam bacaan tersebut? a. Menceritakan tentang apa Ronggeng Duku Paruk b.
Berlatar belakang tempat di manakah kehidupan dalam novel trilogi Ronggeng
Dukuh Paruk? C. Bagaimanakah aspek kebahasaan yang digunakan dalam novel tersebut? 11. Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan Pendidik dengan
jujur dan semangat 12. Peserta didik menyimpulkan diskusi dalam menafsir pandangan
pengarang terhadap kehidupan dalam novel trilogi ‘ Ronggeng Dukuh Paruk”
hasilnya dikirim ke google classroom yang
dikelola pendidik. 13. Pendidik bersama peserta didik mengevaluasi dan menyimpulkan
pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca 14. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari. 15. Pendidik bersama peserta didik melakukan refleksi tentang
kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan seperti berikut : a.
Bagaimana kesan pembelajaran hari ini? b. Apa manfaat pembelajaran hari ini? 16. Pendidik memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif
dan memberi motivasi untuk yang lainnya. 17. Pendidik memberikan penguatan kepada peserta didik untuk tetap
semangat dan mengikuti pembelajaran. 18. Pendidik mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran. 19. Pendidik menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam 1. Melalui media WA grup kelas, Pendidik menyapa peserta didik
dengan ucapan salam 2. Pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum
mengawali kegiatan pembelajaran 3. Peserta didik merespons pertanyaan dari Pendidik berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya 4. Peserta didik menyimak informasi dari Pendidik tentang
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari 5. Peserta didik merespons secara aktif informasi tentang hal-hal
yang akan dipelajari termasuk metode dan media, langkah pembelajaran, dan
penilaian pembelajaran 6. Peserta didik membaca kutipan Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dari
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII , Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Balitbang, Kemendikbud / 2018 , halaman 121 s.d. 124 7. Pendidik memberikan
beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan teks sejarah pada bacaan. a. Peristiwa apa saja kutipan novel tersebut? b. Bagaimana
Unsur Intrinsik dalam kutipan Novel tersebut? c. Bagaimana Unsur kebahasaan (
Majas ) dalam Kutipan Novel tersebut? 8. Peserta didik mengerjakan tugas yang
diberikan Pendidik dengan jujur dan bertanggung jawab 7. Peserta didik merancang sebuah novel yang mengandung unsur
intrinsik dan kebahasaan (majas) dalam bentuk karya sendiri dan
dikirim ke link google classroom yang
diberikan Pendidik sesuai dengan waktu yang disepakati. 8. Pendidik bersama peserta didik mengevaluasi dan menyimpulkan isi
dan kebahasaan novel. 9. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari . 10. Pendidik bersama peserta didik melakukan refleksi tentang
kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan seperti berikut : a.
Bagaimana kesan pembelajaran hari ini? b. Apa manfaat pembelajaran hari ini? 11. Pendidik memberikan penguatan kepada peserta didik untuk tetap
semangat dan mengikuti pembelajaran selanjutnya.
12. Pendidik mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran. Pendidik menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam |
|
D. Penilaian
1.
Pengetahuan (google
classroom)
a.
Teknik
penilaian : tes tertulis tentang ciri,
kebahasaan, dan analisis novel
2.
Kompetensi keterampilan :
a.
Teknik
penilaian : merancang novel atau novelet sesuai dengan kaidah
kebahasaannya.
b.
Produk
berupa karya peserta didik dinilai berdasarkan kriteria berikut ini,
a. Isi novel menarik (skor 0 - 20)
b. Isi Novel mengandung Unsur Intrinsik (skor 0 - 30)
c. Kebahasaan/ majas yang digunakan (skor 0 - 30)
d. Kebahasaan sesuai dengan PUEBI (0 - 20)
Jumlah nilai maksimal 100
3.
Sikap
a.
Kedisiplinan (presensi kelas setiap pertemuan, ketepatan waktu penyetoran tugas)
b.
Kejujuran (tugas tidak
plagiat teman atau salin -rekat)
c.
Tanggung jawab (penyelesaian tugas)
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Dra. Fatmawati, M.Si. Suparmin,
S.Pd..
NIP 1961032319860322006 NIP 198411102009011012
1. RPP Surat Lamaran Kelas XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring.html
2. Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/materi-surat-lamaran-pekerjaan-bahasa.html
3. RPP Teks LHO kelas X http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring_11.html
4.
Link RPP teks editorial XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring_12.html
Mantap. Jadikan menebar manfaat sebagai motivasi utama. Salam sukses.
BalasHapus