RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Nama Sekolah : SMA Negeri 9 Gowa
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks
Editorial
Alokasi Waktu : 3 x pertemuan
Materi PPT dapat dilihat di https://www.youtube.com/channel/UCpu58hp7G7pxybx3_hC1JrQ/videos?view_as=subscriber
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial lisan atau tulis.
Pertemuan 2
Peserta didik dapat
menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial.
Pertemuan 3
Peserta didik dapat menyeleksi ragam informasi teks editorial dan merancang teks
editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
B.
Metode Pembelajaran
Metode : Daring
Aplikasi : googleform, googleclassroom, dan whatsapp
Kegiatan dan Deskripsi |
Pertemuan 1 1.
Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan orientasi
pembelajaran 2. Pendidik
melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi
presensi yang dibagikan dalam bentuk googleform 3. Peserta
didik menyimak informasi dari Pendidik tentang kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 4. Pendidik
membagikan pranala teks editorial. 5. Pendidik
meminta peserta didik mencermati dan membaca dengan teliti teks editorial
yang dibagikan. 6. Pendidik
dan peserta didik melakukan diskusi tentang informasi atau isu dalam teks
editorial yang telah dibaca. 7. Pendidik
menyampaikan materi tentang menyeleksi informasi dalam teks editorial dalam
bentuk salindia ppt secara singkat. 8. Pendidik
meminta peserta didik menuliskan kalimat opini dan fakta yang terdapat pada teks
editorial yang telah dibaca. 9. Sebelum menyelesaikan
pertemuan daring, pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa dan tetap
bersemangat dalam melakukan pembelajaran secara daring. 10. Sebelum menutup pembelajaran Pendidik meminta peserta didik membuka google
classroom-nya masing-masing dan masuk kelas untuk mengingatkan mengerjakan
tugas dan membaca materi yang telah disiapkan oleh Pendidik. 1. Kegiatan diawali dengan menyapa peserta didik melalui grup WA. 2. Pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum
mengawali kegiatan pembelajaran 3. Peserta didik merespons pertanyaan dari Pendidik berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya 4. Peserta didik menyimak informasi dari Pendidik tentang
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari 5. Peserta didik merespons secara aktif informasi tentang hal-hal
yang akan dipelajari termasuk metode dan media, langkah pembelajaran, dan
penilaian pembelajaran 6. Peserta didik mendiskusikan struktur dan kaidah kebahasaan teks
editorial secara berkelompok di kelompok-kelompok kecil grup whatsapp yang
sebelumnya telah dibuat, kemudian membuat presentasi salindia (PPT). 7. Pendidik mendiskusikan paparan materi struktur dan kaidah
kebahasaan dalam teks editorial dalam bentuk salindia ppt yang telah dibuat
oleh kelompok secara acak. 8. Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab 9. Pendidik memberikan materi dan tugas melalui google classroom dan peserta didik mengerjakannya (lembar kerja) 10. Pendidik mengingatkan peserta didik agar
mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah disepakati. 11. Pendidik menutup pembelajaran dengan
terlebih dahulu memberikan pertanyaan ringan kepada peserta didik. 1. Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan orientasi
pembelajaran 2. Pendidik
melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik
mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk googleform 3.
Pendidik
meminta peserta didik untuk membuka buku teks yang dimiliki. 4. Pendidik
memperlihatkan beberapa contoh teks Editorial dan cara merancang teks
Editorial dalam bentuk teks ekplanasi dalam bentuk salindia ppt 5. Pendidik
dan peserta didik melakukan tanya jawab 6. Pendidik
memberikan materi dan tugas melalui google
clasroom dan peserta didik mengerjakannya (lembar kerja) 7. Pendidik
bersama peserta didik mengevaluasi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. teks editorial Nama Sekolah Mata Pelajaran Bahasa 8. Pendidik
bersama peserta didik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran dengan
memberikan pertanyaan seperti berikut : a. Bagaimana kesan pembelajaran hari
ini? b. Apa manfaat pembelajaran hari ini? 9. Pendidik
memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif dan memberi motivasi
untuk yang lainnya. 10. Pendidik memberikan penguatan kepada peserta didik untuk tetap
semangat dan mengikuti pembelajaran. 11. Pendidik mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran. 12. Pendidik menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam |
|
D.
Penilaian
1. 1. Pengetahuan
(google classroom)
Teknik penilaian :
tes tertulis tentang ciri, kebahasaan, dan analisis teks Editorial
2. Kompetensi
keterampilan
Teknik penilaian :
membuat teks Editorial
sesuai dengan kaidah kebahasaannya.
3. Sikap
a. Kedisiplinan (presensi kelas setiap
pertemuan)
b. Kejujuran (tugas tidak plagiat)
c. Tanggung jawab (penyelesaian tugas)
Gowa, 13 Juli 2020
Mengetahui Pendidik
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Dra. Fatmawati, M.Si.
Suparmin, S.Pd..
NIP 1961032319860322006 NIP 198411102009011012
Baca Juga
1. RPP Surat Lamaran Kelas XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring.html
2. Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/materi-surat-lamaran-pekerjaan-bahasa.html
3. RPP Teks LHO kelas X http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring_11.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar