Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Minggu, 12 Juli 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring | Teks Editorial | Kelas XII, Sem. Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 

 

Nama Sekolah                    : SMA Negeri 9 Gowa

Mata Pelajaran                                Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                               :   XII/1

Materi Pokok                                  : Teks Editorial

Alokasi Waktu                                : 3 x pertemuan

 

Materi PPT dapat dilihat di https://www.youtube.com/channel/UCpu58hp7G7pxybx3_hC1JrQ/videos?view_as=subscriber

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial lisan atau tulis.

Pertemuan 2

Peserta didik dapat menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial.

Pertemuan 3

Peserta didik dapat menyeleksi ragam informasi teks editorial dan  merancang teks editorial dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

B.       Metode Pembelajaran

          Metode    : Daring

          Aplikasi    : googleform, googleclassroom, dan whatsapp

 C.       Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan dan Deskripsi

Pertemuan 1

1.        Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran

2.   Pendidik melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk googleform

3.      Peserta didik menyimak informasi dari Pendidik tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

4.       Pendidik membagikan pranala teks editorial.

5.       Pendidik meminta peserta didik mencermati dan membaca dengan teliti teks editorial yang dibagikan.

6.      Pendidik dan peserta didik melakukan diskusi tentang informasi atau isu dalam teks editorial yang telah dibaca.

7.    Pendidik menyampaikan materi tentang menyeleksi informasi dalam teks editorial dalam bentuk salindia ppt secara singkat.

8.      Pendidik meminta peserta didik menuliskan kalimat opini dan fakta yang terdapat pada teks editorial yang telah dibaca.

9.  Sebelum menyelesaikan pertemuan daring, pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa dan tetap bersemangat dalam melakukan pembelajaran secara daring.

10.  Sebelum menutup pembelajaran Pendidik meminta peserta didik membuka google classroom-nya masing-masing dan masuk kelas untuk mengingatkan mengerjakan tugas dan membaca materi yang telah disiapkan oleh Pendidik.

 Pertemuan 2

1.     Kegiatan diawali dengan menyapa peserta didik melalui grup WA.

2.     Pendidik mengajak peserta didik untuk berdoa bersama sebelum mengawali kegiatan pembelajaran

3.     Peserta didik merespons pertanyaan dari Pendidik berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya

4.     Peserta didik menyimak informasi dari Pendidik tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

5.     Peserta didik merespons secara aktif informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari termasuk metode dan media, langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran

6.    Peserta didik mendiskusikan struktur dan kaidah kebahasaan teks editorial secara berkelompok di kelompok-kelompok kecil grup whatsapp yang sebelumnya telah dibuat, kemudian membuat presentasi salindia (PPT).

7.   Pendidik mendiskusikan paparan materi struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks editorial dalam bentuk salindia ppt yang telah dibuat oleh kelompok secara acak.

8.     Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab

9.    Pendidik memberikan materi dan tugas melalui google classroom dan peserta didik mengerjakannya (lembar kerja)

10.    Pendidik mengingatkan peserta didik agar mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

11.    Pendidik menutup pembelajaran dengan terlebih dahulu memberikan pertanyaan ringan kepada peserta didik.

 Pertemuan 3

1.       Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran

2.       Pendidik melalui aplikasi grup WA, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk googleform

3.        Pendidik meminta peserta didik untuk membuka buku teks yang dimiliki.

4.       Pendidik memperlihatkan beberapa contoh teks Editorial dan cara merancang teks Editorial dalam bentuk teks ekplanasi dalam bentuk salindia ppt

5.      Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab

6.      Pendidik memberikan materi dan tugas melalui google clasroom dan peserta didik mengerjakannya (lembar kerja)

7.     Pendidik bersama peserta didik mengevaluasi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. teks editorial Nama Sekolah Mata Pelajaran Bahasa

8.     Pendidik bersama peserta didik melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran dengan memberikan pertanyaan seperti berikut : a. Bagaimana kesan pembelajaran hari ini? b. Apa manfaat pembelajaran hari ini?

9.      Pendidik memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif dan memberi motivasi untuk yang lainnya.

10.   Pendidik memberikan penguatan kepada peserta didik untuk tetap semangat dan mengikuti pembelajaran.

11.   Pendidik mengajak peserta didik berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

12.     Pendidik menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam

 

 

D.       Penilaian

1.                    1.   Pengetahuan (google classroom)

  Teknik penilaian       : tes tertulis tentang ciri, kebahasaan, dan analisis teks Editorial

     2.   Kompetensi keterampilan                       

  Teknik penilaian         : membuat teks Editorial sesuai dengan kaidah kebahasaannya.

     3.  Sikap

  a.   Kedisiplinan (presensi kelas setiap pertemuan)

  b.  Kejujuran (tugas tidak plagiat)

  c.  Tanggung jawab (penyelesaian tugas)

 

 

Gowa, 13 Juli 2020

Mengetahui                                                                                                          Pendidik Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah,

 

 

 

Dra. Fatmawati, M.Si.                                                                                      Suparmin, S.Pd..

NIP 1961032319860322006                                                                              NIP 198411102009011012


Baca Juga

1.      RPP Surat Lamaran Kelas XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring.html

2.     Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/materi-surat-lamaran-pekerjaan-bahasa.html

3.    RPP Teks LHO kelas X  http://suparmin01.blogspot.com/2020/07/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-daring_11.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.