Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Senin, 13 Juli 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring | Teks Eksposisi | Kelas X, Sem. Ganjil

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia                                        Materi                : Teks Eksposisi

Satuan Pendidikan            : SMAN 9 Gowa                                              Alokasi Waktu  :  2 kali pertemuan

Kelas/Semester                 : X/Ganjil


 

Tujuan Pembelajaran 

 Pertemuan 1  

Mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi  dalam teks  eksposisi

Membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi.

Pertemuan 2

Melengkapi tesis dengan argumenn. 

Menyampaikan kembali isi teks eksposisi dengan bahasa  yang berbeda.

Menganalisis unsur kebahasaan teks eksposisi.

 

A.       Materi Pembelajaran

Struktur teks eksposisi:

     pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);

     argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan

Kebahasaan:

     kalimat nominal dan

     kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)

Pola penalaran:

     deduksi dan induksi

 

B.       Metode Pembelajaran

Metode                : Daring

Aplikasi               : google classroom dan whatsapp

Kegiatan Pembelajaran

 


Kegiatan dan Deskripsi

Pertemuan 1

 

1.       Pendidik menyampaikan salam, tujuan, dan orientasi pembelajaran.

2.       Pendidik melalui aplikasi google classroom, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form.

3.       Pendidik menyampaikan materi isi pokok teks eksposisi dan ciri fakta dan opini dalam bentuk salindia ppt secara singkat.

4.       Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab

5.       Pendidik menyelesaikan pertemuan daring (tatap muka) dengan ucapan terima kasih dan menitipkan nasihat pada peserta didik di rumah.

6.       Sebelum menutup pembelajaran Pendidik meminta peserta didik membuka google classroom-nya masing-masing dan masuk kelas untuk mengerjakan tugas dan membaca materi yang telah disiapkan oleh Pendidik.

7.       Selanjutnya tanya jawab dapat dilakukan selama sisa waktu 30 menit lewat grup whatsapp.

 

Pertemuan 2

1.       Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran

2.       Pendidik melalui aplikasi google classroom, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google formulir.

3.       Pendidik menyampaikan materi aspek kebahasaan teks eksposisi dalam bentuk salindia ppt.

4.       Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab

5.       Pendidik menyelesaikan pertemuan daring (tatap muka) dengan ucapan terima kasih dan menitipkan nasihat pada peserta didik di rumah.

6.       Sebelum menutup pembelajaran Pendidik meminta peserta didik membuka google classroom-nya masing-masing dan masuk kelas untuk mengerjakan tugas dan membaca materi yang telah disiapkan oleh Pendidik.

7.       Selanjutnya tanya jawab dapat dilakukan selama sisa waktu 30 menit lewat grup whatsapp.

 

Pertemuan 3

1.       Pendidik menyampaikan salam, tujuan, dan orientasi pembelajaran

2.       Pendidik melalui aplikasi google classroom, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form.

3.       Pendidik memperlihatkan beberapa contoh teks eskposisi

4.       Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab/diskusi.

5.       Pendidik menyelesaikan pertemuan daring (tatap muka) dengan ucapan terima kasih dan menitipkan nasihat pada peserta didik di rumah.

6.       Sebelum menutup pembelajaran pendidik meminta peserta didik membuka google classroom-nya masing-masing dan masuk kelas untuk mengerjakan tugas yang telah disiapkan oleh pendidik.

7.       Peserta didik menyelesaikan tugas sederhana dari rumah tentang pembuatan teks eksposisi pada lingkungan sekitarnya.

8.       Selanjutnya tanya jawab dapat dilakukan selama sisa waktu 20 menit melalui grup whatsapp.

 

1.       Pengetahuan (google classroom)

Teknik penilaian         : tes tertulis tentang ciri, syarat, dan analisis teks eksposisi

2.       Kompetensi keterampilan       :            

Teknik penilaian         : teks eksposisi pada lingkungan sekitar mereka.

3.       Sikap

a.       Kedisiplinan (presensi kelas setiap pertemuan)

b.       Kejujuran (tugas tidak plagiat teman atau salin-rekat)

c.        Tanggung jawab (penyelesaian tugas)

 

C.       Program Tindak Lanjut

  1. Remedial (dilakukan pada google classroom pada peserta didik yang belum tuntas)

Bentuk Remedial yang diberikan kepada peserta didik:

      Tugas Mandiri (TM), jika peserta didik memperoleh nilai ulangan kurang dari KKM.
Caranya: Diberikan tugas mandiri berupa tes ulang dengan soal yang sama atau sejenis.

  1. Pengayaan

Bentuk Pengayaan yang diberikan kepada peserta didik:

      Belajar Mandiri (BM). Peserta didik diarahkan untuk belajar secara mandiri tentang sesuatu yang diminati.

 

                                                                                                                                            Gowa, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala UPT,                                                                                                  Pendidik,

 

 

 Dra. Fatmawati, M.Si.                                                                                Suparmin, S.Pd.

NIP 1961032319860322006                                                                        NIP 198411102009011012

 

Silakan baca juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.