Selamat Datang di Blog Edukasi Suparmin, SMA Negeri 1 Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Rabu, 02 September 2020

RPP Daring | Teks Anekdot | Kelas X

 

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia                                        Materi                : Teks Anekdot

Satuan Pendidikan            : SMAN 9 Gowa                                              Alokasi Waktu  : 3 kali pertemuan

Kelas/Semester                 : X/Ganjil

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
  

 


Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5    Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.

                                                             

3.5.1           Mengidentifikasi ciri teks anekdot.

3.5.2           Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot.

3.5.3           Mengidentifikasi kebahasaan teks anekdot

 

4.5        Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.

4.5.1        Menceritakan kembali isi teks anekdot dengan  pola penyajian yang berbeda.

4.5.2        Menyusun kembali teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

4.5.3           Menyusun teks anekdot sendiri

 


KEGIATAN PEMBELAJARAN  

 

Pertemuan 1

1.       Pendidik menyampaikan salam, tujuan dan orientasi pembelajaran

2.       Pendidik melalui aplikasi google classroom, meminta peserta didik mengisi presensi yang dibagikan dalam bentuk google form.

3.       Pendidik membagikan video anekdot untuk ditonton oleh peserta didik.

4.       Pendidik meminta peserta didik menanggapi video anekdot

5.       Pendidik menyampaikan materi ciri dan struktur anekdot dalam bentuk salindia ppt secara singkat.

6.       Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab

7.       Pendidik meminta peserta didik membuka google classroom-nya masing-masing dan masuk kelas untuk mengerjakan tugas ringan yang telah disiapkan oleh Pendidik.

8.       Pendidik menyelesaikan pertemuan daring (tatap muka) dengan ucapan terima kasih dan menitipkan nasihat pada peserta didik di rumah.

 Pertemuan 2

1.       Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dengan bergabung pada grup WA dan google classroom.

2.       Pendidik mengecek kehadiran peserta didik yang aktif dalam  grup daring.

3.       Pendidik menyampaikan materi /bahan ajar kepada peserta didik melalui grup WA/link youtube, atau blog yang telah dirancang oleh pendidik. Materi yakni aspek kebahasaan teks anekdot dan menceritakan kembali isi teks anekdot yang telah dibaca.

4.       Pendidik memberikan waktu kepada peserta didik untuk mempelajari materi/bahan ajar yang telah dibagikan oleh pendidik sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

5.       Pendidik dan peserta didik melakukan diskusi (baik dalam bentuk kiriman pertanyaan di grup WA, GC, atau komentar di youtube.

6.       Pendidik memberikan penugasan kepada peserta didik (dikondisikan)

7.       Peserta didik mengerjakan tugas yang telah diberikan.

8.       Peserta didik mengumpulkan tugas dengan mengirimkan pesan via WA, GC kepada pendidik pada waktu yang telah disepakati.

9.       Pendidik membuka akses kepada setiap peserta didik untuk mengirimkan hasil kerja pada WA pribadi atau GC dan berdiskusi untuk menemukan jawabanya (disksusi dilakukan di grup WA).

10.    Pendidik memantau aktivitas peserta didik di grup WA dan GC dengan memberikan motivasi kepada peserta didik.

11.    Pendidik melakukan penilaian keaktifan peserta didik didalam proses pembelajaran.

12.    Pendidik menutup proses pembelajaran dengan doa agar ilmu yang diperoleh bermanfaat lebih khusus doa bersama untuk keselamatan umat manusia dari Covid-19.

 Pertemuan 3

1.    Pendidik menyapa peserta didik melalui grup Whats app.

2.    Pendidik memastikan kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link Zoho untuk pengisian daftar hadir.

3.    Pendidik dan peserta didik berdiskusi materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

4.    Pendidik menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan terakhir untuk teks anekdot.

5.    Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk membaca materi yang telah dikirimkan.

6.    Pendidik dan peserta didik melakukan tanya jawab.

7.    Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk menulis teks anekdot sendiri.

8.    Pendidik menginstruksikan peserta didik untuk mengumpulkan teks anekdot melalui google classroom.

9.    Pendidik menyampaikan rencana pelaksanaan penilaian teks anekdot.

10. Pembelajaran diakhiri dengan berdoa bersama dan saling menyemangati untuk tetap tinggal di rumah dan tetap bersemangat dalam belajar.

    PENILAIAN


Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

Tes tertulis tentang ciri, syarat, dan analisis teks anekdot.

 

Menulis teks anekdot sesuai dengan lingkungan sekitar.

1.       Bekerjasama dalam diskusi

2.       Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam pembelajaran di grup WA dan google classroom.

b.       Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.

                                                                                                                                                 Gowa, 13 Juli 2020

Mengetahui

Kepala UPT,                                                                                                       Pendidik,

 

 

 Dra. Fatmawati, M.Si.                                                                                    Suparmin, S.Pd.

NIP 1961032319860322006                                                                             NIP 198411102009011012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.